Halaman

Selasa, 17 Juli 2018

INI LHO PAKAN ALTERNATIF TERMURAH NAMUN TERBAIK UNTUK SAPI

Pakan Alternatif Biar Sapi Cepat Gemuk

Semangat Pagi !
Peternak harus bisa mencari berbagai peluang, mengganti konsentrat dengan pakan alternatif yang berasal dari bahan batang rumbia atau sering dikenal dengan sagu rumbia. Batang rumbia mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dan harganya pun lebih murah daripada campuran bahan konsentrat.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada batang rumbia dinilai jauh lebih baik daripada kandungan dedak ataupun bekatul. Akan tetapi, hal ini belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Padahal, pemberian pakan dari batang rumbia ini tidak kalah baiknya dengan pemberian pakan dari bahan konsentrat.

Berikut cara yang dapat dilakukan untuk mengolah batang rumbia yang bisa Anda gunakan sebagai pengganti bahan konsentrat untuk sapi.

● Manfaatkan batang dari jenis tanaman rumbia yang ada di sekitar lingkungan tempat Anda tinggal untuk dijadikan bahan olahan pakan alternatif ternak.
● Apabila sudah Anda dapatkan, kulit batang tersebut dikupas.
● Setelah dikupas, potong-potong batang rumbia menjadi beberapa bagian kecil. Kurang lebih 0,5 cm atau bisa dibuat ukuran lebih kecil lagi.
● Setelah batang dipotong menjadi ukuran kecil-kecil, rendam dalam air kurang lebih selama 1 hari.
● Pada proses perendaman ini bisa di campur dengan vitamin nutrisi khusus ternak agar vitamin merasuk ke dalam batang rumbia
● Setelah 1 hari, hasil rendaman dari batang rumbia bisa diberikan kepada ternak sapi.

Hasilnya, sudah banyak peternak sapi yang merasakan cepatnya penggemukkan ternaknya, ternak juga sehat dan hemat biaya pakan.

Semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar