Halaman

Kamis, 08 Maret 2018

11 ISTILAH PENTING DALAM BUDIDAYA UDANG YANG PERLU DI KETAHUI

Jika Anda baru ingin memulai budidaya udang, pastilah banyak istilah yang terdengar asing di telinga Anda. Penting sekali untuk mengetahui istilah-istilah penting dalam budidaya udang, sebab ke depannya Anda akan banyak mendengar istilah-istilah tersebut selama proses budidaya. Agar anda tidak kesulitan memahami istilah-istilah dalam budidaya udang, kami mencoba meringkas 11 istilah-istilah penting dalam budidaya udang sebagai berikut.

1. DOC.
DOC atau Day Of Culture adalah jumlah hari budidaya pada udang. Misalnya DOC 40 hari. Kata ini juga hampir sama dengan ternak ayam.

2. FCR.
FCR atau Feed Conversion Ratio merupakan perbandingan antara jumlah pakan total yang telah diberikan dengan biomassa atau berat udang yang dipanen.

Contoh:

Pada kolam budidaya udang vaname dihasilkan panen udang dengan total berat/biomassa sebesar 10 ton, sementara jumlah pakan yang telah diberikan adalah 15 ton. Maka untuk menentukan FCR-nya adalah
15 ton (pakan) dibagi 10 ton (biomassa udang) = FCR 1,5. Semakin rendah nilai FCR dalam budidaya maka semakin bagus karena dapat mengefisienkan penggunaan pakan.

3. ABW.
ABW atau Average Body Weight menunjukkan berat rata-rata udang dalam satu petakan tambak pada satu periode tertentu. Data ABW dapat diperoleh dengan melakukan pengambilan data biomassa secara berkala.

4. SR.
SR atau Survival Rate mengindikasikan tingkat kehidupan udang pada satu periode tertentu (persen). Jadi data SR dapat diperoleh dengan melihat perbandingan antara udang yang dipanen dibandingkan dengan jumlah udang yang di tebar di awal budidaya.

Misalnya jumlah udang yang di tebar adalah 100.000 ekor udang kemudian setelah panen diperoleh 90.000 ekor maka SR nya adalah 90.000/100.000 x 100% = 90%. SR-nya adalah 90%

5. PL.
PL adalah Post Larva
PL menunjukkan umur udang yang umumnya dalam satuan hari. Variabel ini penting untuk diketahui untuk mengukur kebutuhan pakan karena pertambahan umur akan berbarengan dengan pertambahan kebutuhan pakan. Pada umumnya PL udang yang di tebar di tambak berkisaran antara PL 8 sampai PL 12.

6. Tonase
Tonase merupakan jumlah berat udang total berdasarkan hasil panen dalam satuan kg atau ton. Pada umumnya panen dilakukan satu kali namun ada juga yang dilakukan beberapa kali. Panen yang dilakukan namun tidak semua udang diambil dari kolam budidaya disebut panen parsial. Tujuan dari panen parsial adalah untuk mengurangi pupulasi sehingga udang yang tersisa dapat tumbuh dengan cepat sehingga akan diperoleh udang yang berukuran besar. Tonase total adalah jumlah dari seluruh udang yang dipanen baik dari panen parsial maupun dari panen total.

7. MBW
MBW atau Mean Body Weight merupakan berat rata-rata udang per ekor, satuannya adalah gram. Data MBW didapat dengan cara sampling dengan sejumlah udang dengan cara random menggunakan jala dibeberapa tempat namun tetap petakan yang sama. Udang yang berhasil diambil lalu ditimbang, setelah hasil dari timbang diketahui, udang tersebut dihitung berapa jumlahnya. MBW didapat dari hasil bagi berat timbangan udang dengan jumlah udangnya.

Jika mengukur data MBW dari hasil panen, bisa diperoleh dengan sampling sejumlah udang secara random dari hasil panen. Langkah sama seperti di atas, ditimbang dan dihitung berapa jumlahnya. MBW panen diperoleh dengan cara yang sama.

MBW = berat udang/jumlah udang yang ditimbang.

Contoh: Berat udang 1 kg (1000 gram) setelah dihitung jumlahnya 40 ekor, maka MBW 25 gram.

8. Size
Size adalah jumlah udang per kg, diperoleh dengan rumus sebagai berikut;

Size = 1000 / MBW

Contoh : Size = 1000/25 gram = 40. Jadi size-nya adalah 40 atau biasa juga disebut size kepala 4.

9. Populasi
Populasi yaitu jumlah udang yang hidup. Data dapat diperoleh dengan rumus; Populasi = Tonase panen / MBW. Contoh tonase semua udang 1 ton (1.000.000 gram), MBW 25 gram, maka populasinya 40.000 ekor.

10. ADG
ADG atau Average Daily Gain adalah pertambahan berat hari dalam satu periode tertentu. ADG dihitung dengan cara melihat selisih antara pengambilan data MBW pertama dengan MBW pengambilan data kedua kemudian dibagikan dengan jumlah hari antara periode pengambilan data pertama dengan kedua (hari).

ADG = [MBW II (gram) – MBW I (gram) / T (hari)]

Contoh : Pengambilan data I = 15 gram, Pengambilan data  II = 20 gram dengan selisih hari = 10 hari. ADG = [20 – 15 (gram) / 10 (hari)] = 0,5 gram/hari. Semakin tinggi ADG mengindikasikan semakin bagusnya pertumbuhan udang.

10. Crumble dan Pellet
Keduanya adalah ukuran pakan udang. Crumble merupakan istilah yang menunjukkan jenis pakan buatan yang berukuran serbuk/butiran halus, sedangkan Pellet merupakan jenis pakan buatan yang berukuran butiran dengan ukuran kecil, sedang dan besar.

11. Probiotik
Probiotik adalah jenis bakteri yang baik yang telah di seleksi yang mempunyai kemampuan untuk mencegah terbentuknya gas beracun seperti Amonia (NH3) dan Hidrogen Sulfida (H2S) dan juga sebagai pengedali penyakit udang.

Ulasan mengenai istilah penting dalam budidaya udang semoga bisa menjadi referensi Anda dan lebih memahami dunia budidaya udang.

Terima kasih & Semoga Bermanfaat ....

15 komentar:

  1. Prasaan ABW ama MBW sama jha, baik dari cara dan tujuannya ....
    .letak perbedaannya dmn ea bos ....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya sama yaitu bo2t rata2 biomassa (udang)
      A = average (English)
      M = Mean (matematika)

      Hapus
    2. Jika rekan2 petambak perlu advis budidaya Vanamie bs kontak :
      Pilot Project Aquaculture
      WA 0812 1665 0827

      Hapus
    3. saya baru belajar budidaya vaname, cuma masih uji coba kolam tanah..

      Hapus
  2. Sore admin
    Mau tanya
    Pengertian ad libitum dalam budidaya udang apa min?

    BalasHapus
  3. Numpang promosi Geomembrane, Mesin Las, Terpal dan Kincir jika minat Hubungi 081246910296-Kiky

    BalasHapus
  4. Kalau untuk kontruksi tambak yang ideal bisa konsultasi langsung sama PT PRIMA DWIMITRA
    silahkan buka link kami

    Www.primadwimitra.co.id

    BalasHapus
  5. Virtual sports dengan taruhan termurah
    Klik ====>Virtual Sports

    Ayo Segera Daftar Akun Bermain Anda..Gratiss..

    Klik >>>>>>> Daftar bola

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    BalasHapus
  6. Yakin anda selalu tidak hoki?? Kami tantang anda yang merasa selalu tidak hoki... Kami yakin tidak ada orang yang tidak hoki...disini akan kami adu hoki anda dengan hoki pemain lain...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 0813 3355 5662

    BalasHapus
  7. Suka bermain Poker?
    terlebih menggunakan pulsa?
    apalagi Tanpa Potongan
    Wah tentu mau dong

    Mari join bersama kami di Donaco Poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    CS 24 jam

    BalasHapus