Halaman

Sabtu, 17 Maret 2018

BEGINI CARA PENGENDALIAN PENYAKIT TERNAK KAMBING DAN DOMBA

Pengendalian Penyakit Ternak Kambing dan Domba

Penyakit ternak menjadi salah satu masalah yang sering menghambat perkembangan dan pertumbuhan ternak. Bahkan, penyakit juga dapat mengakibatkan kerugian karena menurunnya produktivitas.
Bahkan tak jarang para peternak rugi.

Lantas, seperti apa langkah pengendalian penyakit ternak yang sering menyerang ternak ini ?

Kudis (Scabies)

Penyebab penyakit kudis, yaitu hewan parasit yang timbul karena penumpukan kotoran ternak yang terlalu lama dan ternak jarang dilakukan pembersihan (dimandikan).
Gejala yang ditimbulkan, yakni permukaan kulit akan mengelupas, kering, bulu akan mudah rontok, dan ternak akan kurus.

Pengendalian yang bisa Anda lakukan, yaitu menjaga kebersihan kandang dan ternak kambing atau domba. Lakukan pengolesan kapur barus dicampur dengan minyak kelapa di bagian terserang dan juga pengolesan oli bekas di bagian ternak yang terserang.
Lakukan penyemprotan desinfektan atau pestisida dan fungisida organik di sekitar kandang, alat peternakan dan tempat menumpuk kotoran ternak.

Keracunan tanaman (Plant poisoning)

Penyebab penyakit ini, yaitu ternak mengonsumsi rumput atau daun yang mengandung racun.
Gejala yang ditimbulkan biasanya mati tiba-tiba, mulut berbusa, mengeluarkan lendir, dan juga kulit mengelupas. Ada beberapa kejadian perut ternak kambing / domba kembung.

Pengendalian yang harus Anda lakukan, yaitu tidak memberikan pakan mengandung racun atau Anda harus menempatkan ternak pada ladang rumput yang baik. Selanjutnya, Anda harus memberikan air kelapa muda pada ternak yang terkena racun.
Takarannya 2 buah kelapa muda 1 ternak kambing / domba.

Orf atau dakangan

Penyebab penyakit ini, yaitu ternak memakan rumput berbulu dan juga berdebu. Ternak biasanya menunjukkan gejala mulut korengan, terdapat benjolan kecil di sekitar mulut dan nafsu makannya menurun drastis.
Pengendalian yang bisa Anda lakukan ialah dengan memberikan pakan yang sangat baik dan bervitamin nutrisi untuk ternak, serta pemberian preparat iodium dan penyuntikan antibiotik.

Antraks

Penyebab penyakit antraks ialah bakteri Baciluss anthracis yang dapat menular dengan kontak langsung. Jika terserang penyakit ini, ternak akan menunjukkan gejala badan lemah, gemetar, kusam, pengeluaran darah dari bagian telinga, anus, hidung dan telinga.

Pengendalian yang bisa Anda lakukan, yakni dengan menjaga kebersihan kandang dan juga ternak serta pemberian vaksinasi ternak secara teratur.
Lakukan penyemprotan desinfektan atau pestisida dan fungisida organik di sekitar kandang, alat peternakan dan tempat menumpuk kotoran ternak.

#CATATAN :
Untuk menjaga kondisi kesehatan ternak kambing / domba serta melancarkan pencernaan ternak, akan sangat membantu dan baik apabila ternak di berikan air minum yang telah di campur Probiotik.
Sedangkan untuk meningkatkan nafsu makan ternak, meningkatkan produksi ternak dan cepat meningkatkan bobot juga pertumbuhan ternak, akn sangat membantu jika ternak di berikan vitamin nutrisi tambahan pada air minumnya atau pakan alaminya.

Semoga bermanfaat dan salam sukses beternak.

Info & Pemesanan Vitamin Nutrisi Ternak :
HP : 082221516031

2 komentar:

  1. Yakin anda selalu tidak hoki?? Kami tantang anda yang merasa selalu tidak hoki... Kami yakin tidak ada orang yang tidak hoki...disini akan kami adu hoki anda dengan hoki pemain lain...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : 0813 3355 5662

    BalasHapus
  2. Suka bermain Poker?
    terlebih menggunakan pulsa?
    apalagi Tanpa Potongan
    Wah tentu mau dong

    Mari join bersama kami di Donaco Poker
    WHATSAPP : +6281333555662
    CS 24 jam

    BalasHapus