Halaman

Selasa, 20 Maret 2018

TIPS AMPUH MENGOBATI KAMBING CACINGAN DENGAN NANAS

Banyak peternak kambing / domba yang masih berbekal sistem pemeliharaan tradisional dan diperparah dengan kondisi lingkungan kandang yang seadanya, kondisi kesehatan kambing rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit. Salah satunya, penyakit cacingan. Dan angka infeksi penyakit cacingan ini dapat mencapai 80% per ekor kambing / domba.
Tanda-tanda kambing yang sudah terkena cacingan, yaitu :
● Kambing semakin kurus seperti berat badan tidak sesuai umur
● Bulu agak berdiri dan kusam
● Sembelit atau kotoran lembek sampai mencret sehingga kandang cepat kotor
● Terlihat lesu dan pucat serta nafsu makan berkurang
● Rahang terlihat membengkak
● Dan tak jarang terjadi mati mendadak.
Kambing yang menunjukkan gejala cacingan bisa diobati dengan obat tradisional atau dengan obat pabrikan. Obat tradisional lebih murah, mudah didapat, dapat dikerjakan oleh peternak, dan tidak memiliki efek samping yang membahayakan, sedangkan obat pabrikan sebaliknya.
Obat tradisional yang mudah didapat dan telah terbukti efektif mengurangi infeksi cacing pada kambing adalah tanaman nanas. Seluruh bagian tanaman nanas dapat digunakan untuk pengobatan cacingan pada kambing.
Cara mengolahnya pun cukup mudah, Anda harus mengupas kulit nanas terlebih dahulu hingga bersih baru kemudian berikan nanas pada kambing, bisa di cacah / diiris atau ditumbuk di campur air minum.
Berikan nanas sekitar 600 mg per 1 kg bobot badan kambing. Perlakuan ini sebaiknya diulang sampai 10 hari ke depan. Namun, hindari pemberian nanas pada kambing yang sedang hamil.
Untuk produk vitamin nutrisi kambing / domba bisa hubungi kami di
HP : 0822.2151.6031
Semoga bermanfaat ...

1 komentar:

  1. Kambing yang menunjukkan gejala cacingan bisa diobati dengan obat tradisional atau dengan obat pabrikan
    sabung ayam live

    BalasHapus